Tips Menulis Artikel SEO untuk Website

|

Tak dapat dipungkiri, kebanyakan traffic yang didapat dari browser, berasal dari mesin pencari. Ya, itulah mengapa hari ini berbondong-bondong website yang mengoptimasi diri, agar bisa mendapatkan banyak traffic dari mesin pencari. Mesin pencari seperti Google menjadi sumber informasi utama bagi milyaran orang di seluruh dunia. Jadi bagaimana caranya agar website mendapatkan banyak traffic dari mesin pencari?

Tentu solusi yang paling tepat yaitu dengan menerapkan SEO. Ya, SEO (search engine optimization) merupakan kombinasi dari optimasi on-page (dalam halaman) dan off-page (luar halaman). Salah satu teknik SEO on-page yang paling powerful yaitu penggunaan artikel SEO.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail beberapa tips menulis artikel SEO untuk website. i, Anda bisa menghubungi JASAWEBB. JASAWEBB menyediakan layanan optimasi SEO profesional dan terjangkau.

Mengapa Mesti Menulis Artikel SEO untuk Website

Anda pasti mengetahui ‘content is king’ yang berarti bahwa konten merupakan hal yang paling penting untuk mengoptimasi website. Tentu untuk website, konten yang sering digunakan yaitu berbentuk artikel. Untuk mengoptimasi website, tentu website mesti berisikan sejumlah artikel SEO. Artikel SEO friendly bukanlah artikel biasa saja, melainkan artikel yang dibuat memang untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Dengan kata lain, artikel SEO-friendly merupakan artikel yang disukai mesin pencari seperti Google atau Bing. Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma atau sistem yang dapat melacak kualitas konten. Karena artikel SEO friendly ini sangat penting, itulah mengapa banyak pemilik website yang menggunakan jasa artikel SEO-friendly karena lebih praktis dan hemat waktu.

Namun sebenarnya, Anda ‘pun bisa membuat artikel SEO-friendly asal paham metodenya. Pada dasarnya, artikel yang SEO-friendly itu merupakan artikel yang mesti ditulis dengan baik, dinamis, berisikan informasi bernilai, dan berisikan kata kunci yang tepat. Beberapa tahun silam, penyebaran kata kunci atau keyword density pada artikel masih dianggap sebagai teknik SEO yang sangat powerful.

Namun jangan coba-coba menerapkan teknik tersebut hari ini karena sudah tidak efektif lagi. Nah Anda ingin tahu seperti apa artikel SEO friendly? Terus baca artikel ini hingga akhir ya!

Tips Menulis Artikel SEO – Apa Yang Menjadikan Artikel Itu SEO-Friendly?

Meskipun menjadi seorang penulis pro itu sangat sulit, namun bukan berarti Anda tidak bisa menulis artikel SEO-friendly. Ya betul sekali, artikel yang di-posting di website atau blog bersifat deskriptif dan sedikit storytelling sehingga tidak terlalu membutuhkan pemahaman sastra yang terlalu tinggi. Namun agar bisa membuat artikel yang disukai Google, ada beberapa kriteria yang mesti terpenuhi.

Jadi artikel SEO-friendly ini bukan artikel asal-asalan, melainkan ada batasan-batasan tertentu yang mesti terpenuhi. Dengan memaksimalkan artikel dengan teknik SEO, tentu search engine jadi semakin menyukai website Anda, sehingga kemungkinan mendapatkan traffic yang lebih banyak jadi semakin terbuka lebar. Nah berikut ini adalah beberapa tips menulis artikel SEO-friendly, coba cek ya!

  • Kata Kunci yang Tepat

Salah satu elemen terpenting dari SEO adalah kata kunci. Ya betul sekali kata kunci merupakan elemen utama yang dilihat search engine dari konten. Jadi aspek pertama yang mesti Anda perhatikan ketika membuat artikel yaitu riset kata kunci. Beberapa orang memang dianugerahi kemampuan membuat artikel sekaligus penempatan kata kunci namun tanpa melakukan riset sebelumnya. Jika Anda tidak mampu melakukan hal tersebut, maka Anda wajib riset dulu sebelumnya.

Tujuan utama riset kata kunci yaitu menemukan kata kunci atau keyword yang dicari banyak orang di mesin pencari (organik). Ya betul sekali, target utama Anda tentunya orang-orang yang mencari informasi di mesin pencari seperti Google. Namun tentunya riset kata kunci saja belum cukup, Anda mesti menemukan kata kunci yang memungkinkan artikel bisa berada di halaman bergengsi di mesin pencari.

Misalnya daripada menggunakan kata kunci ‘jual sepatu murah’, sebaiknya gunakan kata kunci ‘jual sepatu murah dan berkualitas di Jakarta’. Mengapa? Alasannya simpel karena kata kunci pertama tingkat persaingannya sangat tinggi. Jadi kemungkinan artikel Anda berada di halaman 1 sangatlah kecil, sehingga kemungkinan mendapatkan traffic juga tidak memungkinkan.

Jadi sebaiknya Anda fokus pada long-tail keyword! Apa itu long-tail keyword? Nah long-tail keyword merupakan kata kunci yang berisikan 4 kata atau lebih, misalnya seperti ‘jasa artikel SEO murah dan berkualitas’. Mengapa mesti menggunakan long-tail keyword? Jawabannya yaitu karena long-tail keyword ini volume pencariannya rendah, sehingga kemungkinan artikel bercokol di posisi satu Google sangatlah tinggi. Anda bisa menggunakan berbagai tool riset kata kunci untuk menemukan long-tail keyword yang paling tepat.

  • Penempatan Kata Kunci

Setelah mendapatkan kumpulan kata kunci yang menurut Anda sudah tepat, maka langkah selanjutnya yaitu penempatan kata kunci didalam artikel. Agar SEO-friendly, pastikan Anda menempatkan kata kunci utama di bagian judul dan sub-judul. Banyak pakar yang menyebutkan bahwa tidak perlu memasukan keyword utama di bagian sub-judul, asalkan masih ada kaitan dengan keyword utama.

Misalnya jika kata kunci utamanya yaitu ‘tips menulis artikel SEO’, maka pada sub-judul bisa ditempatkan kata kunci ‘panduan menulis artikel SEO-friendly’. Selain judul dan sub-judul, Anda ‘pun bisa menempatkan berbagai kata kunci turunan (sub-keywords) di bagian lainnya sehingga membentuk hirarki kata kunci didalam artikel.

  • Gunakan Contoh Nyata

Sebelum Anda mulai menulis artikel, ada baiknya Anda ‘pun memikirkan tentang alur tulisan. Perlu Anda ketahui, pembaca internet menyukai konten yang menyuguhkan contoh nyata dibanding teori yang berlebihan. Jadi contoh nyata ini bisa berasal dari Anda atau orang lain. Misalnya sebelum atau sesudah riset kata kunci, Anda akan menulis ‘tips mengatasi jerawat batu’, maka Anda bisa menggunakan teori dan praktek Anda sendiri, yang diejawantahkan dalam bentuk teks, gambar, atau bahkan video.

  • Terdengar Original

Banyak orang menyangka bahwa SEO selalu mengenai aturan baku, padahal tidak selalu seperti itu. SEO hari ini juga berhubungan dengan aspek manusiawi. Artikel dengan formula SEO yang sangat baku memang bagus untuk robot mesin pencari. Namun hal tersebut tidaklah cukup, artikel ‘pun mesti bagus untuk manusia.

Bagaimana caranya? Jangan ragu untuk menuliskan kata-kata non-formal! Misalnya kalimat “memang terdengar berlebihan!” bisa diganti dengan kalimat “memang terdengar agak alay jijay gitu!”.  Jadi terdengar sangat original dan manusiawi. Hal ini bagus untuk meningkatkan engagement atau keterikatan.

Nah itulah tips menulis artikel SEO untuk website, semoga bisa langsung Anda praktekan ya. Namun jika Anda tidak ingin ribet dalam membuat website sekaligus artikel-artikel SEO, maka Anda bisa mempercayakannya pada JASAWEBB. JASAWEBB merupakan jasa pembuatan website dengan optimasi SEO. Jadi Anda bisa mendapatkan website, sekaligus artikel-artikel SEO yang sangat bagus untuk website.